Minggu, 19 Mei 2019

BELAJAR GUNTING TELUR



Karya 2
GUNTING TELUR

Proses pembelajaran akan berhasil jika manakala siswa mempunyai motivasi dalam belajar. Oleh karena itu, sebagai guru kita perlu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Untuk bisa memperoleh hasil yan optimal. Guru dituntut untuk kreatif sehingga dapat membangkitkan motivasi belajar siswa.
Tak seperti hari biasanya, Hari ini saya katakan kepada mereka bahwa hari ini mereka akan bermain tapi juga belajar. Mereka pun bersorak riang gembira sepertinya mereka sangat senang sekali. Aku bilang hari ini kita main  Gunting TELUR. Ada salah satu siswa yang menyahut ”haaaaa Gunting TELUR”. Apa itu gunting telur bu? Masa telur digunting si bu? wah enak ini serambi celetuh siswa yang lain. Bukan begitu maksudnya! Gunting Telur ini maksudnya Gunting Tempel Urut Gambar tentang Gerakan shalat. Jadi nanti Ibu akan memberikan beberapa gambar secara acak dan tugas kalian adalah mengguntingnya, lalu menempelkannya berdasarkan urutannya. Mengerti anak – anak ? mengerti bu ”jawab mereka”.

Selanjutnya, saya bagikan gambar yang harus mereka gunting, tempel dan urutkan. Selang beberapa waktu akhirnya mereka selesai. 

GAMBAR 1. Proses Menggunting
GAMBAR 2. Proses Menempel
 Namun, belum selesai 100 % karena masih ada tugas akhir yang harus mereka lakukan yaitu memberikan nama gerakan dari masing – masing gambar.

GAMBAR 3. Hasil Akhir

Walaupun Sederhana, belajar bermakna yang membuat mereka bahagia dan hafal tentang gerakan dalam shalat. Belajar dengan mengoptimalkan potensi yang Allah berikan kepada mereka tidak hanya mata, telinga, dan tangan saja. Seperti mereka saat belajar di kelas duduk mendengarkan penjelasan sang guru.
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, siswa perlu mendengarnya, melihatnya, melaksanakannya atau mempraktekkannya. Yaitu menggambarkan sesuatu dengan caranya sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilannya dan mengerjakan tugasnya yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Kita tahu bahwa siswa bisa belajar dengan sangat baik jika mempraktekkannya, namun bagaimana caranya kita bisa untuk menggalakkan belajar aktif dan kreatis ? Tentunya permasalahan ini dapat dijawab dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang inovatif.
Sehingga mereka akan menjadi generasi tangguh dengan berbagai pengalaman belajar, karena ada amanah yang harus mereka pikul. Karena orang-orang besar tidak begitu saja terlahir ke dunia. AYO SEMANGAT !!!!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PIT 6 RASA NANO - NANO

Tugas 6 PIT 6 RASA NANO – NANO   Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Alhamdulillahirobbil alamiin sampai juga pada...